Keuntungan Facebook Triwulan pertama 2014

Keuntungan Facebook
Luar biasa, memang. Dalam satu triwulan saja di tahun 2014 Facebook membukukan 642 juta USD alias kurang lebih Rp 6,4 Trilyun (pada kurs saat ini)! Penghasilan terbesar tentu dari iklan yang ditayangkan di halaman-halaman situs ini.
Sangat masuk akal, pendaftaran menjadi pemakai dan pengaksesan FB gratis. Seperti layanan gratis internet lain yang selalu diikrarkan untuk kemanfaatan, kemudahan dan aneka kelebihan lain bagi para pengguna. Ternyata layanan gratis ini memberikan keuntungan sangat luar biasa bagi pemiliknya.
Menarik untuk dikaji, apakah semua 'kegratisan' yang diberikan FB sudah setimpal dengan pemasukan yang diterima FB (yang tentu saja melalui para pemakai gratis tadi)? Jangan-jangan semua pemakai FB sebenarnya hanya perahan pemilik FB. Semua 'kegratisan' yang dinikmati pemakai belum sepadan dengan 'sumbangan' pemakai ke pemilik FB.
Namun itulah bisnis. Sepanjang tidak ada paksaan dari salah satu pihak, maka dapat disimpulkan tidak ada kerugian yang timbul di pihak lain. Artinya memang sepadan pendapatan pemilik FB dengan pengorbanan yang diberikan kepada penggunanya.
Previous Post
Next Post