Kain Perca, Peluang Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga

Karya seni dari kain perca
Kebutuhan saat ini semakin banyak dan semakin mahal; semua harga cenderung naik. Banyak orang yang menyiasatinya untuk melakukan bisnis baik secara langsung dan online. Tapi karena konsumen memang lebih menyukai sesuatu yang praktis dan cepat, semakin banyak pelaku usaha yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen melalui bisnis online. Dengan bisnis ini, produk apapun yang diinginkan bisa diakses dari manapun. Ini menjadi pilihan bagi kaum wanita dan ibu rumah tangga yang bekerja sambil mengurus rumah dan anak-anak.
Banyak peluang bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal fantastis seperti binsis konvensional.  Di masa lalu, seorang yang memiliki keterampilan menjahit hanya bisa mengandalkan orang-orang sekitar atau relasi sebagai konsumen. Namun, saat ini, hasil kreasi tersebut bisa dipasarkan secara lebih luas, tanpa batasan tempat dan waktu. Misalnya, kemampuan membuat benda-benda unik atau aksesoris dari bahan perca yang dimasa lalu dianggap tidak berarti, kini bisa menjadi bisnis yang besar jika anda bisa menjangkau konsumen dari berbagai wilayah di tanah air.

Peluang bisnis online kerajinan kain perca
Siapa bilang kain perca tidak berguna, ternyata ditangan dingin seorang yang kreatif, kain tersebut dapat disulap menjadi sebuah karya yang dapat menghasilkan uang. Kain perca merupakan kain sisa dari bahan pakaian, biasanya berbentuk potongan-potongan kecil; ukurannya pun beraneka ragam dari kecil hingga besar. Biasanya tukang jahit membuangnya begitu saja. Anda tentu dapat memanfaatkannya untuk membuat karya-karya unik, asalkan anda memiliki ketelatenan, kemauan, ketekunan, keahlian dan kreativitas.
Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar tapi keuntungan yang dapat anda raih cukup menjanjikan. Kenapa? Karena bahan baku yang diperlukan jauh lebih murah. Anda hanya perlu membeli kain perca dari tukang jahit atau pabrik konveksi dengan harga yang murah untuk pembuatannya. Dengan kreativitas yang anda miliki, barang-barang rumah tangga seperti bantal, keset, sprei, bedcover, taplak, serbet, tempat pensil, dompet, tas dan lainnya bisa disulap menjadi barang-barang bernilai seni tinggi dan berharga lebih tinggi.
Pemasaran kerajinan kain perca melalui internet
Di zaman sekarang, ibu rumah tangga tidak lagi sekedar berdiam diri di rumah dan menunggu pemberian dari suami. Ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang sendiri untuk menopang ekonomi keluarga atau untuk menabung. Bisnis online kerajinan kain percaya bisa dijalankan dari rumah, sehingga anda tetap dapat mengurus rumah tangga dan mendidik anak-anak seperti biasanya. 
Pemasarannya pun mudah, anda dapat menitipkannya pada UKM yang telah disediakan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Selain itu anda juga dapat membuka stand saat bazaar. Namun, pemasaran secara konvensional seperti ini mungkin akan menyita waktu dan energi anda. Maka solusinya adalah pemasaran melalui internet. Caranya? Anda hanya perlu memotret setiap barang yang telah anda buat lalu memajangnya di blog atau website milik anda atau marketplace penghubung antara konsumen dan penjual. Anda juga dapat mempopulerkannya di media sosial seperti Facebook, Twitter, Path atau Instagram.

Previous Post
Next Post