Paid To Review: Bisnis Online Bagi Blogger Profesional

Paid to review bisa benjadi alternatif sumber pemasukan
Setelah menjadi seorang blogger, ada begitu banyak peluang yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika anda suka menulis dan mengetahui cara menulis yang baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, maka bisnis online Paid To Review (PTR) mungkin cocok untuk anda. Seperti namanya, dalam sistem Paid To Review, anda dibayar karena me-review suatu produk atau jasa milik sebuah merchant dalam bentuk artikel-artikel yang informatif sekaligus mempromosikan produk milik merchant tersebut.

Prinsip bisnis di balik Paid To Review

Bayangkan diri anda adalah seorang pengusaha yang mempromosikan produk/jasa melalui website perusahaan. Nah, jika website anda saja tidak pernah dikunjungi orang, bagaimana mungkin anda menghasilkan penjualan secara online? Nah, salah satu cara untuk mempopulerkan sebuah website adalah dengan mendapatkan eksternal link dari blog-blog yang memang telah populer, sehingga popularitas web perusahaan akan ikut terangkat.

Tentu saja, untuk mendapatkan link tersebut, anda harus membayar para blogger, karena mereka juga harus menempuh berbagai upaya untuk mempopulerkan blog-blog tersebut, termasuk dengan membuat tulisan-tulisan bernada positif tentang produk-produk anda. Artinya, ada hubungan simbiosis mutualisme, atau hubungan yang saling menguntungkan, antara website merchant dengan para blogger. Semakin populer website anda, semakin besar peluang anda menarik konsumen, karena web perusahaan akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Cara berpartisipasi pada Paid To Review

Nah, sekarang, posisikan lagi diri anda sebagai seorang blogger, yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui PTR. Ada dua pilihan yang tersedia bagi anda:
·           Bergabung di perusahaan broker PTR
Ada beberapa bisnis online yang khusus menjadi penengah atau broker antara blogger dengan merchant. Sebagai blogger, anda mendaftar di situs broker dan memilih kategori blog yang anda miliki dan mengisi biodata sesuatu ketentuan. Di lain pihak, para advertiser atau merchant juga mendaftar di perusahaan broker yang sama, dan memberikan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi blogger. Kemudian, perusahaan broker akan memberikan alternatif blogger yang sesuai, jika anda ‘berjodoh,’ maka anda akan menerima e-mail dari advertiser, sedangkan fee atas review yang anda tulis di website anda akan ditransfer ke rekening anda, biasanya Rekening Besama, seperti PayPal.
·           Menjadi broker PTR
Alternatif kedua adalah anda yang menjadi penengah antara blogger dengan merchant. Caranya: Anda membangun website dengan platform khusus yang menghubungkan pihak pengiklan (blogger) dengan pihak perusahaan (merchant), dan anda mendapatkan komisi dari jasa anda sebagai penengah.

Namun, sebelum menekuni bisnis ini, hal yang harus anda ketahui. Biasanya, merchant mengharuskan agar blog anda memenuhi Page Rank tertentu agar bisa bergabung; semakin tinggi PR blog, semakin tinggi tarif untuk setiap tulisan anda. Selain itu, anda harus memiliki rekening online yang terverifikasi untuk mendapatkan bayaran. Untuk mendapatkan keuntungan optimum, anda juga harus memiliki blog dengan berbagai niche agar peluang mendapatkan job lebih tinggi. Selanjutnya, tugas anda adalah membuat artikel review yang menarik.
Previous Post
Next Post