Siap Bersaing di Pasar E- Commerce Indonesia

Usaha e-commerce sedang digandungi oleh banyak masyarakat. Hal itu tentu saja membuatnya semakin dilirik oleh para pebisnis digital. Termasuk PT XL Axiata Tbk yang bekerja sama dengan SK Planet dan menggunakan nama jual Elevania. Dua perusahaan tersebut mengeluarkan uang untuk investasi awal sebesar US$ 36,6 juta yang digunakan untuk membuat portal dari 1,5 tahun yang lalu. Bagi anda yang sering berselancar di internet pasti telah mengetahuinya, apa lagi iklannya pun mulai bermunculan di media elektronik.

Kekuatan E- Commerce
Situs e-commerce tersebut memang baru saja merambah pasar Indonesia, untuk dapat bersaing dengan pebisnis lain, diperlukan beberapa taktik untuk dapat menarik simpati masyarakat agar terus menggunakan Elevania. Berdasarkan ungkapan dari Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, pihaknya telah menyediakan tiga pedoman utama yang menjadi patokannya dalam mengembangkan bisnis teranyarnya ini, yaitu kepercayaan, mutu produk yang terjamin dan kemudahan untuk akses bagi para customer. Pria itu juga mengatakan, perusahaannya akan terus menjalankan ketiga pilar untuk menjamin kualitas pelayanan digital usaha barunya.

Situs penjualan ini juga memiliki konsep yang unik dibandingkan situs e-commerce lainnya. Usaha ini menggabungkan konsep toko online dengan marketplace yang belakangan ini sedang banyak diminati. Hasnul juga menambahkan bahwa kondisi setiap barang yang dijual di Elevania harus sesuai dengan iklan yang dipasang oleh para penjual, karena pihaknya berjanji untuk menjamin segala produk yang ada dan akan melakukan penggantian barang yang di terima bila berbeda dengan yang dijual. Dia juga berujar, akan melakukan tindakan tegas bagi para seller yang berbuat curang atau menipu, dengan cara menutup akun pelaku yang melakukan perbuatan seperti itu.

Potensi E-Commerce 
Peluncuran Elevania tersebut didasarkan kepada optimisme PT XL Axiata Tbk dengan pasar industri online yang menampakkan menunjukkan trend positif.  Hasnul Suhaimi mengungkapkan bahwa e-commerce berkembang dengan baik dan pesat, pada waktu lalu di angka 0,8% dari seluruh jumlah commercial market yang ada di dalam negeri. Saat ini, andil pasar e-commerce telah menyentuh nilai 2%. Sang Presiden Direktur berharap pada waktu mendatang, kontribusi ini akan mencapai 5%. Bila melihat kemajuan teknologi yang semakin merebak dan minat konsumen yang kian hari makin besar, tentu saja keinginan tersebut sangat mudah untuk dapat terealisasikan.

Ternyata, walaupun masih sangat anyar untuk bergabung ke dalam industri e-commerce, yakni sejak tanggal 1 Maret lalu, CEO Elevania, James Lee mengatakan bahwa situs e-commerce ini telah mempunyai 600 ribu lebih produk yang dipasarkan, serta berhasil menarik seller sebanyak 7 ribu. Situs ini juga sudah dilengkapi dengan 8 kategori utama yaitu fashion, beuty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, hobi serta service atau food. Dia juga mengungkapkan 90% penjualnya adalah UKM lokal, termasuk korporasi dan perorangan.

Previous Post
Next Post