Affiliate Marketing: Bisnis Online Modal Kecil, Resiko Kecil

Bisnis online semakin ‘merasuki’ hampir seluruh aspek kehidupan. Ya, kini banyak orang yang lebih suka mengetik “www” daripada pergi sendiri ke pasar untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan. Selain mudah dan murah, bisnis ini memiliki segmen pasar global yang tidak mengenal batas waktu dan jarak. Artinya, kesempatan untuk mendapatkan profit juga lebih tinggi. 

Salah satu jenis internet marketing yang paling populer adalah affiliate marketing. Bagi anda yang sudah ‘malang-melintang’ dalam dunia bisnis online, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi, karena memang telah banyak yang menggelutinya. 

Cara kerja affiliate marketing

Sistem kerja affiliate marketing cukup sederhana, namun peluang keuntungan yang bisa dinikmati seorang affiliate marketer sangat menjanjikan. Layaknya seorang agen, seorang affiliate marketer bekerja sebagai pihak ketika untuk menawarkan produk kepada konsumen. Misalnya, seorang affiliate marketer mengirimkan pengunjunng ke website merchant atau toko online. Jika transaksi jual-beli terjadi berkat rujukan tesebut, maka anda mendapatkan komisi atau bayaran, karena telah membantu dalam mencarikan konsumen.

Seorang pengunjung mengunjungi website affiliate anda mengklik suatu laman website merchant yang rekomendasikan, maka ada semacam cookie atau file yang berada pada komputer si pembeli untuk mengetahui affiliate yang mengantarkan mereka ke dalam website merchant, sehingga toko tersebut tak salah memberikan komisi untuk para affiliate marketer.

Modal blog dan jaringan internet sudah cukup sebagai modal awal untuk menekuninya, sekalipun anda tidak memiliki kemampuan atau keahlian sales atau kemampuan komunikasi verbal. Umumnya, suatu merchant akan menyediakan materi marketing untuk dapat digunakan pada website affiliate anda, sehingga konsep atau informasi produk di website affiliate tidak melenceng dari konsep aslinya.

Usaha maksimal, profil maksimal

Cara kerja affiliate marketer memang terbilang simple, tapi tidak selamanya mudah. Pekerjaan ini dapat ditekuni oleh siapapun. Tapi anda jangan lupa bahwa ini termasuk ke dalam bisnis, anda harus tetap memegang komitmen anda jika ingin terjun langsung. Selain itu, begitu blog affiliate anda didirikan, jangan langsung yakin kalau pengunjung akan otomatis datang. Perlu diingat bahwa visitor hanya akan singgah di website/blog yang muncul di halaman pertama Google. 

Artinya, anda tetap harus mengoptimasi website/blog affiliate, dengan berbagai teknik SEO. Banyak blog affiliate yang bersaing untuk mempromosikan produk yang sama dan menawarkan konsep yang sama. Artinya, anda membutuhkan teknik optimasi blog yang efektif agar blog milik anda menempati posisi teratas di halaman hasil mesin pencari. 

Jika dijalankan secara optimal, affiliate marketing adalah bisnis online yang cukup menjanjikan. Anda dapat meraih ratusan ribu hingga jutaan Rupiah untuk satu blog affiliate saja. Bagaimana jika anda memiliki beberapa blog yang sudah populer?. Peluang keuntungan inilah yang membuat bisnis ini banyak diminati oleh pebisnis baik lokal maupun internasional.

Previous Post
Next Post