Situs E-Commerce di Indonesia

Teknologi yang makin berkembang, membuat bisnis e-commerce menjadi sangat popular di dalam negeri. Berdasarkan data yang dimuat oleh biro riset Frost dan Sullivan bersama dengan China mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki pertumbuhan terbesar di dunia dan rata-ratanya adalah 17 persen tiap tahun. Hal itu terbukti dengan makin banyak toko penjualan online yang digandrungi oleh masyarakat, seolah menjadi suatu gaya hidup yang sangat erat kaitannya dengan orang zaman sekarang.

Situs e-commerce di indonesia yang mendominasi

Banyaknya situs e-commerce yang menghiasi pasar dan dikunjungi banyak penggemar, sebagiannya merupakan buatan dari tangan ahli putra-putri Indonesia, yaitu:
Kaskus.co.id
Situs ini telah merajai pasar e-commerce di Indonesia. Bahkan semua peselancar dunia maya pasti tahu dengan laman yang satu ini, karena memang merupakan forum terbesar dalam negeri. Menurut PC Magazine 2005 sampai 2006, web ini mendapatkan penghargaan sebagai situs terbaik di negeri ini. Kaskus adalah singkatan dari Kasak Kusuk yang awalnya didirikan oleh mahasiswa yang sedang menjalankan studi di Amerika Serikat pada tahun 1999. Mereka adalah Andrew Darwis, Ronal Stephanus dan Budi Dharmawan.
TokoBagus.com
Situs ini dibuat oleh dua orang yang berkebangsaan Belanda bernama Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker pada Juni 2005. Situs ini mendapatkan investasi dari Myriad International Holdings (MIH) yang merupakan investor jual beli online Multiply. Website e-commerce ini cukup menarik perhatian masyarakat. Dalam proses transaksi, para penjual dan pembeli tidak dikenakan biaya sedikitpun. Saat kehadirannya di tahun pertama, Toko Bagus telah memiliki 100 ribu lebih pengunjung setiap harinya. Kantor pusat perusahaan ini berada di Jakarta, walaupun lima tahun sebelumnya bermarkas di Bali.
Berniaga.com
Tentu anda sering sekali melihat iklan Berniaga.com di media elektronik seperti televisi. Ternyata usaha tersebut berhasil, karena situs itu mendapatkan cukup banyak sorotan dan terbukti dapat bersaing dengan toko online lain yang ada. Hasilnya, perusahaan jual-beli online ini dapat berkembang dengan cepat. Konsepnya memang mirip dengan TokoBagus.com yang merupakan situs iklan baris yang dipergunakan untuk menjalankan kegiatan jual beli online. Perusahaan yang menaunginya adalah PT 701 Search, yang merupakan anak dari Singapore press Holdings (SPH) dan Schibted Classfied Media (SCM).
Tokopedia.com
Website ini cukup terkenal di kalangan pengguna internet. Pertama kali didirikan pada 6 Februari 2009 oleh Willian Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison, Toko Pedia dapat digunakan oleh publik dengan menggunakan Versi Beta tangal 17 Agustus 2009. Berdasarkan penghitungan situs Alexa.com, yang bisa mengukur kualitas dan tingkat kunjungan, laman ini merupakan toko online e-commerce yang paling banyak dibuka di Indonesia, yaitu bertengger diposisi 55 per tanggal 1 April 2013.

Tingginya minat masyarakat terhadap situs penjualan jual-beli online ini dipengaruhi oleh tuntutan kehidupan yang mengharuskan segala sesuatu yang cepat. Seorang profesional nyaris tidak memiliki waktu lagi untuk pergi ke pasar untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, dan situs e-commerce ini adalah jawabannya.

Previous Post
Next Post